Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kisah sedekah Ali Bin Abi Thalib

Rabu, 02 November 2022 | Rabu, November 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-05T06:15:36Z


Oleh: Febrino 

(Guru B. Arab MTsN 7 Agam)


Dalam sebuah riwayat Shohih dikatakan, bahwa Ali Rhadiaallahu 'anhu pergi membeli makanan ke pasar dengan membawa uang 2 dirham.

Lalu ada seseorang memanggilnya wahai ayahnya Hasan dapatkah engkau menolongku. 

Aku dan istri serta anak-anakku sudah 3 hari belum makan. 

Lalu Ali menyerahkan uang 2 dirham itu kpd orang tersebut kemudian Ali pulang.

Sampai di rumah ditanya oleh Fatimah. Wahai ayah Hasan mana makanan yg kamu beli? 

Ali menjawab "tadi ada orang miskin sudah 3 hari tidak makan, sementara kita kemaren sudah makan, baru hari ini kita tidak makan, jadi uangnya aku kasih ke orang tersebut".

Terus dengan apa kita makan hari ini? sahut fatimah. Tunggu saya akan pergi ke tempat ayahmu Rasululah. mungkin beliau ada makanan yg bisa diberikan kpd kita". lalu pergilah Ali. 

Di tengah perjalanan ada orang Anshar yg ingin menjual onta merah betina yg gemuk miliknya. Dipanggilnya Ali, wahai ayahnya Hasan maukah engkau membeli ontaku ini? jawab Ali, berapa mau kamu jual? 

Dijawab oleh yg punya Onta. 20 Dirham. Ali berkata lagi. aku tidak ada uang. Orang itu berkata lagi. Bawa sajalah Onta ini dulu kapan kamu ada uang baru serahkan kepadaku. 

Baiklah kata Ali. lalu Ali pergi membawa Onta tersebut.

Tiba-tiba ada lagi orang Anshar yg lain memanggil. Wahai ayahnya Hasan maukah engkau menjual Onta ini? iya jawab Ali.

Berapa engkau akan jual? Ali menjawab 40 Dirham. 

Baiklah kata orang tersebut tanpa menawar lagi. terjualah Onta tersebut dan Ali pergi kepada orang yg punya Onta tadi dan membayar 20 dirham dan Ali mendapatkan 20 dirham dari penjualan Onta tersebut.

Begitulah orang yang ikhlas mengharapkan ridho Allah dalam bersedekah dan Allah langsung membalasnya dg balasan 10 kali lipat. 


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

مَنْ جَآءَ بِا لْحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشْرُ اَمْثَا لِهَا ۚ وَمَنْ جَآءَ بِا لسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزٰۤى اِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

"Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barang siapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi)."(QS. Al-An'am 6: Ayat 160)

Penulis mengajak diri penulis dan kita semua. marilah kita sisihkan sebagian harta kita untuk berinfaq di jalan Allah. Karena yang ada pada kita belum tentu untuk kita tapi yang kita infakkan di jalan Allah pasti untuk kita. Baarakallahufiik

 _Febrino Abu Syifa_

×
Berita Terbaru Update