Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemiskinan Struktural, Islam Solusi Total

Jumat, 10 Maret 2023 | Jumat, Maret 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-10T13:44:27Z

 


Islam menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok setiap individu rakyat.


Negara wajib mengelola SDA ini kemudian hasilnya diberikan merata pada seluruh rakyat.


Yani Ummu Qutuz 

(Pegiat Literasi dan Member AMK)


Siddiq-news.com -- Kriminalitas semakin merajalela di negeri ini. Rendahnya tingkat kesejahteraan tidak sebanding dengan tingginya harga barang kebutuhan, membuat pelaku nekat berbuat kriminal.


Dikutip dari Tribun[dot]ID[dot]Bandung, 24/2/2023, Jajaran Unit Reskrim Polsek Cibeunying Kidul meringkus dua pelaku pencuri sepeda motor yang berinisial AS alias Cepi (30) dan IM (18) di kawasan GG. Sobana Lemahneundeut, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung pada Kamis 23 Februari 2023.


Kapolsek Cibeunying Kidul, Kompol Aries Riyanto mengatakan, peristiwa itu bermula pada saat korban melaporkan kehilangan sepeda motor pada Sabtu 4 Februari 2023 sekitar pukul 04.30 WIB. Unit Reskrim Polsek Cibeunying Kidul pun langsung melakukan penyelidikan dengan mengecek rekaman CCTV dan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas.


Dari rekaman CCTV ini, diketahui bahwa pelaku adalah dua orang warga yang biasa mengamen di sekitar Perempatan Jalan Pahlawan dan Pusdai Kota Bandung. Akhirnya pada Kamis 23 Februari 2023 sekitar pukul 11.30 WIB, kedua pelaku diamankan. Saat digeledah, ditemukan barang bukti berupa dua mata astag dan satu buah kunci T. Setelah diinterogasi, diketahui bahwa mereka mempreteli sepeda motor dan menjualnya secara terpisah pada tukang rongsok keliling seharga Rp500 ribu.


Tindak pencurian ataupun kejahatan lainnya merupakan keniscayaan dalam negara yang menganut paham sekularisme. Mereka sudah tidak takut ancaman dosa. Ketakwaan individu sudah jadi barang langka. Sanksi yang diterapkan negara pun tidak tegas dan tidak membuat jera para pelaku kriminal, sehingga mereka berani melakukan tindakan pencurian.


Di samping itu untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin sulit saat ini, inilah yang menjadikan sebagian orang nekat menghalalkan segala cara agar terpenuhi kebutuhan hidupnya. Boleh jadi itu yang dialami oleh dua pengamen tersebut. Sementara masyarakat tidak peduli, karena itu adalah urusan pribadi pengamen. Inilah buah dari penerapan sistem kapitalisme sekuler yaitu lahirnya sikap individualistis.


Penerapan sistem kapitalisme sekuler juga melahirkan kemiskinan struktural. Yakni adanya golongan masyarakat tertentu yang tidak dapat mengakses sumber-sumber pendapatan sejatinya ada di antara mereka. Sumberdaya alam yang melimpah justru diserahkan pada asing dan swasta melalui privatisasi. Hal ini menyebabkan SDA yang besar mengalir hanya pada segelintir orang yaitu swasta dalam negeri bahkan asing. Padahal SDA itu merupakan salah satu pos pemasukan bagi negara yang hasilnya bisa dipakai untuk membiayai pelayanan kesehatan, pendidikan, dan keamanan secara gratis dan berkualitas bagi rakyat. 


Islam memiliki konsep sistem ekonomi yang didukung sistem politik Islam. Islam menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok setiap individu rakyatnya. Ini adalah prioritas bagi negara dalam rangka mengurus urusan umat. Negara pun membantu mewujudkan terpenuhinya kebutuhan sekunder dan tersier.


Pemenuhan ini akan didukung oleh penerapan sumber-sumber pemasukan negara yang sesuai syariat Islam. Bukan mengandalkan pajak dan utang. Melainkan dari pemasukan tetap yaitu dari fa'i, khoroj, zakat, seperlima harta rikaz, dan jizyah.


Islam memiliki konsep kepemilikan yang jelas. Sumberdaya alam seperti hutan, laut, sumber air, barang tambang seperti minyak bumi dan batu bara, merupakan milik umum yang tidak boleh dikuasai individu atau golongan melalui privatisasi. Individu boleh mengambil tapi sesuai kebutuhannya. Negara wajib mengelola SDA ini kemudian hasilnya diberikan merata pada seluruh rakyat baik yang miskin ataupun kaya secara cuma-cuma. 


Dengan banyaknya sumber pemasukan negara ini, akan menjamin terselesaikannya masalah kemiskinan bahkan sampai ke ranah teknis. Negara pun akan menjamin terpenuhinya lapangan pekerjaan bagi para laki-laki agar bisa memenuhi kewajiban menafkahi keluarga. Sistem ekonomi Islam hanya bisa diterapkan melalui institusi Daulah Khilafah. Maka menjadi kewajiban bagi kaum muslim untuk menegakkan kembali kekhilafahan melalui perjuangan dakwah yang telah dicontohkan Muhammad Rasulullah saw.

Wallahu'alam bishshowab

×
Berita Terbaru Update