Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wakapolda Sumbar Tutup Pendidikan dan Lantik Bintara Polri gelombang I T.A 2023 SPN Polda Sumbar

Kamis, 06 Juli 2023 | Kamis, Juli 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-07T03:51:00Z

 


Sumbar | siddiq-news.com | Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Wakapolda Sumbar), Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si menutup pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I T.A 2023 sekaligus melantik sebanyak 171 personel di SPN Polda Sumbar, Kamis (06/07).


Dalam pelantikan tersebut, Wakapolda Sumbar membacakan amanat dari Kalemdiklat Polri, dimana upacara yang diselenggarakan pada hari ini merupakan momentum penting, dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan bintara dan tamtama Polri gelombang I tahun anggaran 2023, yang diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta SPN Polda.


Dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, sebutnya, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara dan Tamtama sebanyak 9.098 orang, terdiri atas 8.458 polisi laki-laki dan 640 polisi wanita. 


Jumlah tersebut terbagi ke dalam 6.901 Bintara Polisi Tugas Umum, 499 Bintara Brimob, 100 Bintara Polair, 1.499 Tamtama Brimob dan 99 Tamtama Polair. Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal. 


"Melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin meningkat dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Wakapolda Sumbar. 


Ia juga menyampaikan selamat kepada Bintara dan Tamtama remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 (lima) bulan di Lembaga Pendidikan Polri dengan baik. 


"Menghantarkan saudara secara resmi pada hari ini dilantik menjadi anggota Polri, dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua dan Bhayangkara Dua," ujarnya.

 

Mulai hari ini lanjut Wakapolda Sumbar, pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.


"Amanah ini harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggaan, kehormatan dan niatkan untuk selalu berbuat yang terbaik. Setelah ini, saudara sekalian akan ditempatkan untuk melaksanakan tugas di seluruh wilayah indonesia sesuai latar belakang pendidikan yang telah dilalui," terangnya. 


Untuk itu, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi polri, masyarakat, bangsa dan negara.


Ia juga menyampaikan selamat kepada para orang tua atas keberhasilan putra dan putrinya menjadi Bintara dan Tamtama remaja Polri yang baru saja dilantik. 


"Doa dan dukungan bapak ibu sekalian merupakan dorongan spiritual yang akan terus menjadi bagian dari putra putri bapak ibu dalam menjalankan tugas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya. 


Apa yang telah saudara-saudara capai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuang saudara-saudara sekalian, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan bhayangkara. Oleh karena itu, bulatkan tekad, terus belajar dan berlatih serta semangat dalam memotivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi polri, masyarakat, bangsa dan negara kesatuan republik indonesia yang kita cintai dan banggakan," pungkasnya menambahkan. 


Usai upacara penutupan, dilanjutkan dengan peragaan senam senjata kolosal oleh Bintara Remaja Polri gelombang I T.A 2023 yang disaksikan oleh tamu undangan serta orang tua dan keluarga dari masing-masing Bintara Polri yang baru dilantik.


Dalam upacara penutupan pendidikan Bintara Polri tersebut, dihadiri oleh Forkopimda Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar, Ketua LKAAM Sumbar, Kapolres sejajaran Polda Sumbar, tokoh masyarakat, Pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar.(*)

×
Berita Terbaru Update